Sabtu, 16 November 2013

Dampak Teknologi terhadap Sosialisasi






Teknologi saat ini sudah semakin canggih. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan berbagai macam teknologi yang sekarang ini dikenal dengan sebutan gadget. Pada gadget ini terdpat berbagai macam aplikasi sosial media yang fungsinya untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman ataupun orang lain. Banyak orang yang terlalu sibuk dan terlalu asik menggunakan gadget-nya yang sering menggangu bagi orang lain. Kejadian ini sering dijumpai disekitar kita, contohnya  orang yang berjalan atau mengendarai sambil memainkan handphone yang sampai tidak melihat didepannya ada orang dan menabraknya, lalu membuat kemacetan dibelakangnya. Sehingga mengganggu kepentingan orang banyak.



Teknologi juga berperan banyak untuk membantu pekerjaan manusia. Terutama jika menggunakan sosial media yang saat ini banyak penggunanya. Dalam hal sosialisasi contohnya, suatu berita atau informasi apapun dapat dengan mudah dan cepat disebarluaskan. Dan juga dapat mengetahui langsung apa saja respon atau pendapat dari orang-orang yang sudah membaca informasi tersebut.

sosialisasi politik
Dampak buruknya tentu ada juga, seseorang jadi lebih dekat dengan orang yang jauh, dibandingkan dengan orang yang ada didekatnya. Misalnya ada temannya yang sudah dikenal tapi tidak saling tegur sapa. Atau ada juga yang  berdekatan tapi berkomunikasi masih dengan gadgetnya masing-masing, bukan bicara secara langsung. 


Tidak memperhatikan bila diajak bicara dengan orang lain. Sehingga tidak tahu apa yang dimaksud oleh teman yang berbicara itu. 



Anak jadi kurang perhatian, karena orang tuanya sibuk dan bersenang-senang dengan gadgetnya. Anaknya sedih ingin bermain dengan ibunya tapi ibunya tidak bisa. 

Sibuk masing-masing dengan handphone (gadget) sendiri. Tidak ada senyum sapa atau mengobrol dengan orang yang ada disekitarnya. 



sumber: 
https://www.google.com/search?biw=1047&bih=480&tbm=isch&sa=1&q=manusia+dan+gadget&btnG=#imgdii=_ 
https://www.google.com/search?biw=1047&bih=480&tbm=isch&sa=1&q=manusia+dan+gadget&btnG=#q=sosialisasi+lewat+sosial+media&tbm=isch&imgdii=_ 

Tidak ada komentar: