Senin, 07 Desember 2015

Jaringan 5G

Di Indonesia kini sedang ramai-ramainya membicarakan jaringan di generasi ke empat yaitu 4G. Namun Jepang sebagai negara yang maju dan terkenal dengan teknologinya yang up to date tidak mau ketinggalan dengan negara lain. Jepang mengadakan uji coba jaringan terbaru yaitu 5G. Rencananya Jepang akan meluncurkannya dan mengkomersilkan jaringan ini pada 2020 mendatang. 

Kecepatan Koneksi Internet 5G Jepang

Jepang melalakukan pengujian ini pada 13 Oktober 2015 bersama Nokia dan operator seluler lokal Jepang yaitu Docomo tepatnya di daerah Roppongi Hills, Tokyo. Dari pengujian jaringan 5G ini transmisi data berhasil sampai kecepatan 2Gbps. Perbandinagan yang telah dicoba pada jaringan 4G mendownload data besar seperti film bisa dilakukan dalam hitungan menit, di jaringan 5G ini download film hanya dalam hitungan detik saja. 

Pengujian jaringan 5G ini menggunakan teknologi beam-forming dan beam-tracking. Dengan menggunakan sinyal gelombang milimeter dengan frekuensi setinggi 70Ghz. Docomo sudah menhuji jaringan ini sejak 2014. Tidak hanya bekerja sama dengan Nokia Docomo juga bekerja sama dengan layanan telekomunikasi lainnya seperti Samsung Electronic, Ericsson, Fujitsu, dan Huawei Technologies.


Tidak ada komentar: