Selasa, 14 Oktober 2014

Tugas Teori Organisasi Umum 1 (3 kasus)



KASUS: PERUSAHAAN TRI-ENERGI

Pertanyaan kasus:

1.      Apa ciri-ciri birokrasi yang telah terlibat pada situasi tersebut?
2.      Apakah Joni Bolang harus memberhentikan lima ribu karyawan perusahaan? Mengapa? Apa masalah-masalah dan kebaikan-kebaikan tindakan tersebut  menurut perkiraan saudara bila dia melakukannya?
3.      Bagaimana cara situasi ini  dapat dihindarkan atau dicegah?

Jawaban kasus:

1.      Pegawai negeri ditentukan. Perusahaan Tri-Energi melakukan kegiatan penarikan karyawan secara besar-besaran.
Para pejabat sebagai subjek untuk mengontrol dan mendisiplinkan. Perusahaan ini mengalami penurunan laba, maka perusahaan dapat mempertimbangkan 5000 karyawannya untuk melanjutkan karirnya di perusahaan itu atau tidak.
Promosi didasarkan pada pertimbangan kemampuan. Mempertimbangkan untuk memberhentikan 5000 karyawannya karena dianggap tak satupun memenuhi syarat untuk dipertahankan sampai pensiun.  Dan banyak juga posisi manajerial yang secara potensial angkatan kerjanya lebih kecil. 
2.      Iya. Karena untuk kebaikan perusahaannya tersebut. Jika tetap dilanjutkan dengan 5000 karyawan maka perusahaannya itu akan mengalami kerugian yang besar dan bahkan akan gulung tikar disebabkan penurunan laba dan rendahnya harga di pasaran. Dan jika memberhentikan karyawannya, tidak membuat masyarakat menjadi berharap terlalu banyak untuk mempertahankan pekerjaannya sampai pensiun di perusahaan tersebut. Dan juga tidak mengalamai penurunan laba dalam jumlah banyak. 
3.      Untuk menghindari atau mencegahnya dengan cara memberhentikan karyawan yang dianggap tidak diperlukan saja (tidak diberhentikan semuanya 5000 karyawan). Dengan cara diseleksi ulang berdasarkan kemampuan yang dimiliki setiap karyawan. Jika tidak memenuhi syarat maka akan diberhentikan. Atau pada awal penarikan karyawan perusahaan ini seharusnya tidak terlalu banyak menerima jumlah karyawan.




KASUS: BUDIONO MENERIMA TAWARAN PEKERJAAN BARU

Pertanyaan kasus:

1.      Apa prinsip-prinsip manajemen yang akan dilanggar bila Budiono menerima tugas atau pekerjaan baru tersebut?
2.      Bila Budiono menerima penugasan baru, apa macam-macam masalah yang kemungkinan besar akan terjadi?
3.      Apa rekomendasi-rekomendasi yang akan saudara ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi, atau untuk mengurangi masalah-masalah potensial perusahaan?

Jawaban kasus:

1.      Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri,  yaitu Setiap karyawan dapat mengabdikan kepentingan pribadi kepada kepentingan organisasi apabila memiliki kesadaran bahwa kepentingan pribadi sebenarnya tergantung kepada berhasil-tidaknya kepentingan organisasi.
Kesatuan perintah (Unity of command), yang berarti dalam melakasanakan pekerjaan, karyawan harus memperhatikan prinsip kesatuan perintah sehingga pelaksanaan kerja dapat dijalankan dengan baik. Karyawan harus tahu kepada siapa ia harus bertanggung jawab sesuai dengan wewenang yang diperolehnya. Perintah yang datang dari manajer lain kepada serorang karyawan akan merusak jalannya wewenang dan tanggung jawab serta pembagian kerja.
2.      Masalah-masalah yang mungkin terjadi adalah kegiatan dalam bekerja tidak lancar dan tujuan tidak tercapai dengan baik. Akan terjadi kekacauan dalam pekerjaan yang satu dengan yang lainnya. Apalagi jika pembagian waktunya tidak tepat antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Sehingga pekerjaan yang dilakukan Budiono tidak semaksimal mungkin karena tenaga kerjanya sudah dibagi dua untuk perusahaan Wijoyo dan Tajudin.
3.      Rekomendasi dari saya sebaiknya Budiono bekerja pada satu perusahaan saja. Ia harus memilih akan bekerja untuk Wijoyo atau untk Tajudin. Mungkin akan lebih baik Budiono bekerja pada Wijoyo karena dilihat dari hubungan diantara keduanya yang baik dan menyenangkan satu sama lain.  Dan sepertinya Budiono juga lebih menguasai bidangnya di perusahaan Wijoyo. Selain itu pendapatannya juga lebih tinggi dibandingkan bekerja di perusahaan lain.




KASUS: MANAJEMEN ILMIAH BERARTI EKSPLOITASI DAN DEHUMANISASI 

Pertanyaan kasus:

1.      Apakah pendapat Profesor LKH dapat dibenarkan?
2.      Apa elemen-elemen manajemen ilmiah dan perkembangan historik aliran tersebut yang telah menyebabkan Profesor LKH mempunyai pendapat seperti itu?
3.      Anggap saudara tidak menyetujui pendapat Profesor LKH dan mempunyai kesempatan mendebatnya. Dalam hal-hal apa saudara akan menyanggah pernyataannya?

Jawaban kasus:

1.      Tidak. Karena memang sebaiknya upah yang diberikan harus sesuai dengan waktu kerjanya karyawan tersebut. Seperti tulisan Taylor, dengan penekanan waktu penyelesaian pekerjaan dapat dikorelasikan dengan upah yang diterima. Metode ini disebut sistem upah differensial.
2.      Menggantikan metode-metode kerja dalam praktek dengan berbagai metode yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja ilmiah yang benar.
Mengadakan seleksi, latiahn-latiahan, dan pengembangan para karyawan secara ilmiah, agar memungkinkan para karyawan bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan spesialisasinya.
Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah harus diintegrasikan, sehingga para karyawan memperoleh kesempatan untuk ,encapai tingkat upah yang tinggi, sementara manajemen dapat menekan biaya produksi menjadi rendah.
Untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah, perlu dikembangkan semangat dan mental para karyawan melalui pendekatan antara karyawan dan manajer sebagai upaya untuk menimbulkan suasana kerja sama yang baik.
3.      Dalam hal yang berkaitan dengan hasil produksi dengan waktu yang digunakan  pekerja. Jia tidak menggunakan aliran manajemen ilmiah maka pekerja akan lambat bekerjanya, kan santai santai menghabiskan waktu kerjanya. Karena mereka beranggapan bahwa gaji mereka akan tetap. Misalnya  dalam sebulan gaji mereka 2juta. Mereka akan santai santai saja walaupun hasil dari pekerjaan mereka tidak mencapai target dalam perusahaan dalam sebulan. Karena mereka bekerja sesuai waktu bukan hasil. Mereka menggunakan banyak waktu tapi tidak ada penekanan untuk menghasilkan produksi yang banyak juga.


Nama: Sri Retno Andriani
Kelas: 2KA42
NPM: 18113623

Tidak ada komentar: