Kamis, 07 Januari 2016

Fungsi dan cara kerja captcha

Captcha si Penjaga Form Inputan
            Apa itu captcha? bagi sebagian orang mungkin adanya captcha sangat mengganggu atau mungkin mempersulit aktivitas saat pengisian form-form online hampir selesai. Karena kita harus mengisi huruf unik dan terkadang sulit dibaca. Tapi itu pasti ada gunanya ada fungsinya. Apakah fungsi dari captcha tersebut?

            CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) : sebuah tantangan-response test yg ditujukan untuk memastikan bahwa responden hanya dilakukan oleh manusia & bukan oleh komputer.

            Intinya, CAPTCHA merupakan sebuah metode untuk mengetahui apakah isian dalam formulir tersebut diisikan secara manual oleh manusia atau secara otomatis oleh suatu program komputer tertentu yang sering dikenal sebagai bot.

            Jenis CAPTCHA ini sendiri sebenarnya bermacam-macam. Namun yang paling sering kita jumpai adalah pembacaan huruf-huruf yang aneh dan rumit itu. Jenis-jenis captcha yaitu:

1. Hard Recognizing Text
            Captcha berbentuk teks yang sedikit sulit untuk dilihat orang awam, di acak denga memiliki bentuk dan warna yang bermacam serta beragam yang dignakan untuk mempersulit pengguna untuk melihatnya.

2. Pattern Matching
            Captcha jenis ini benar-benar sangat unik menurut saya, captcha ini berbentuk puzzle yang pecah-pecah dan memaksa pengguna harus menyusun puzzle atau captcha pattern matching tersebut.

3. Sound Recognition
            Tak kalah bedanya dengan pattern dan captcha ini adalah timbal balik dari hard recognizing, biasanya sound recognizing dibuat untuk pengguna yang memiliki pengelihatan yang kurang.

            Susunan huruf-huruf dalam CAPTCHA memang dibuat menjadi aneh dan rumit sehingga hanya bisa dibaca dengan baik oleh manusia. Program komputer manapun akan kesulitan membaca susunan huruf tersebut. Akibatnya, jika si pengisi formulir daring dapat membaca huruf-huruf tersebut dengan benar, dapat dipastikan bahwa pengisi formulir daring tersebut benar-benar manusia.

CAPTCHA bisa menjaga keamanan di dunia maya?
            Ternyata, jika suatu formulir di internet diisi secara otomatis oleh bot, kemungkinan isinya akan berbahaya atau mengganggu. Mulai dari pengiriman pesan-pesan yang sangat mengganggu atau yang sering disebut spam, sampai pengambilan informasi tertentu secara ilegal. Karena CAPTCHA memiliki kemampuan mendeteksi apakah pengisi formulir tersebut adalah manusia atau bot, si pemilik formulir di internet dapat menolak isian yang dikirimkan jika ternyata penulisnya adalah bot.


Tidak ada komentar: