Minggu, 22 November 2015

Hari Pahlawan

Bulan November pasti kita ingat satu hari nasional di Indonesia. Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November oleh seluruh masyaakat indonesia. Mereka mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu yang telah memerdekakan negara kita ini dari para penjajah. Tetapi menurut saya seharusnya kita mengenang jasa pahlawan kita bukan hanya di tanggal 10 November saja, setiap saat kita harus mengenangnya. Karena jika bukan karna jasa pahlawan kita tidak akan bisa hidup tenang di negara kita ini. Pasti saat ini juga kita masih dibawah jajahan negara penjajah. Saat ini kita tidak bisa tidur dengan nyenyak setiap malam karena dihantui rasa gelisah oleh kegiatan perang yang setiap saat bisa terjadi. 


Untuk memperingati hari pahlawan kita tidaklah harus berperang seperti zaman dahulu. Kita memperingati hari pahlawan sesuai zamannya. Sekarang adalah zamannya teknologi dan kecanggihan alat-alat lainnya. Kita bisa menjadi pahlawan dengan menciptakan sesuatu yang berguna untuk orang banyak. Karena pahlawan menurut saya itu adalah sosok yang rela berkorban, tidak egois, tulus, ikhas, membela yang benar dan membawa perubahan kearah yang lebih baik. Menciptakan teknologi terbaru yang dapat digunakan orang banyak dan semua kalangan, teknologi yang memudahkan orang banyak.

Mengkritik negara yang sedang dalam masalah tidak memberikan solusi. Jangan melulu menjadi pengkritik, jangan melihat apa yang telah negara berikan pada kita, tapi kita juga melihat apa yang sudah kita berikan untuk negara kita? jika tidak ada maka kita jangan egois selalu ingin mendapatkan tanpa pernah memberi. Tidak harus memberi kemerdekaan dari hasil perang, tidak harus menciptakan teknologi tercanggih jika tidak mampu. Banyak cara lain untuk menjadi pahlawan, jika kita seorang pelajar atau mahasiswa jadilah pelajar dan mahasiswa yang baik yang tidak tawuran, konsumsi narkoba, dan tindakan kriminal lainnya. kita bisa menjadi pelajar dan mahasiswa yang aktif berorganisasi dan di bidang akadmik yang bisa mengharumkan nama bangsa. 

Tidak hanya dikalangan pendidikan saja yang bisa menjadi pahlawan. Petugas kebersihan yang sering dianggap remeh oleh orang banyak mereka juga pahlawan. Bayangkan jika sehari tanpa mereka, keadaan lingkungan terutama diperkotaan yang banyak menghasilkan sampah dan limbah rumah tangga pasti akan terasa tidak enak. Tanpa mereka tidak akan ada lingkungan bersih dari sampah. Karena kebanyakan dari kita buang sampah tidak pada tempatnya. Iya kita sudah egois dan kita sudah termasuk bukan pahlawan karena egois tidak memikirkan dampaknya jika embuang sampah sembarangan. Tidak memikirkan nasib orang banyak yang terkena imbas dari perbuatan kita tersebut.